oleh

Wabup Heri Ngabut Buka Seminar Peringatan HUT ke-71 IBI Cabang Manggarai

Ruteng – Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, S.H menghadiri pembukaan Seminar Nasional dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 Cabang Manggarai, bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Jumat (17/06).

Tema dalam seminar itu yakni “Mewujudkan Generasi Unggul, Bebas Stunting melalui Pemberdayaan Keluarga”.

Dalam sambutannya Wabup Heri menyampaikan selamat atas peringatan HUT IBI ke-71, momentum ini diharapkan bisa menjadi semangat baru bagi para bidan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Wabup Heri juga memberikan motivasi kepada para bidan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kendati banyak keterbatasan yang dialami.

“Saya support kegiatan pada hari ini, supaya kita disegarkan lagi pada sebuah perjumpaan melalui kegiatan seminar pada hari ini” katanya.

“Saya mohon perhatian dari kita semua terutama para bidan, meskipun kerja tanpa tanda jasa, tetapi tetap bekerja dengan ikhlas meski kadang hati terasa sakit karena tamsil belum kunjung tiba” tambahnya.

Sebab itu, Wabup Heri meminta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai untuk mempercepat proses pencairan gaji dan tamsil bagi tenaga kesehatan.

“Tetap semangat, kiranya seminar ini membawa berkat bagi kita semua dalam rangka memandu dan membimbing supaya pelayanan tugas kita ke depan memberi manfaat terhadap pelayanan di bidang kesehatan di Kabupaten Manggarai” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua IBI Cabang Manggarai, Maria Yasinta Aso, menjelaskan, tema ini dipilih sesuai dengan situasi saat ini, bahwa kita masih dihadapkan dengan persoalan stunting.

Masalah stunting kata dia bukan persoalan bangsa di masa sekarang saja, melainkan menyangkut masa depan kita karena anak-anak itu adalah generasi penerus.

“Mereka lah masa depan kita. Kita tidak bisa mewujudkan generasi unggul di masa yang akan datang kalau modal dasarnya, yaitu anak-anak bangsa, mengalami stunting, terganggu perkembangan kognitif dan kesehatannya” katanya.

Dikatakan, Bidan merupakan salah satu profesi yang ikut bertanggungjawab dalam mencegah dan menurunkan angka stunting.

Sebab itu, sebagai bentuk komitmen dalam mencegah stunting, Pengurus Cabang IBI Manggarai ingin memperkuat wawasan para bidan tentang upaya pencegahan dan penanganan stunting melalui kegiatan seminar ini.

“Semoga seminar hari ini dapat menjadi roh dan penyemangat kita dalam pelaksaan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Manggarai” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekda Manggarai; Drs. Jahang Fansy Aldus; Pimpinan Perangkat Daerah; Kepala Puskesmas; Anggota IBI Cabang Manggarai, beserta undangan lainnya. (Tim Prokopim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.