oleh

Wabup Heri Ngabut Support Peluncuran Aplikasi Online SMPN 4 Langke Rembong

Ruteng – Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, SH menghadiri kegiatan Gebyar Akhir Tahun Pembelajaran SMPN 4 Langke Rembong pada Selasa 21 Juni 2022 kemarin. Kegiatan ini berupa peluncuran sejumlah aplikasi yang mendukung proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Saat berada di sekolah itu dirinya diterima oleh kepala sekolah Drs Resman W. Yan bersama sejumlah guru dan pegawai dengan tradisi adat budaya Manggarai. Selain itu tarian tiba meka atau terima tamu kehormatan dari para siswa juga turut menyemarakkan acara tersebut.

Di hadapan para guru serta para siswa, Wabup Heri Ngabut menjelaskan bahwa saat ini teknologi informasi telah menjadi bagian penting dalam proses belajar mengajar di sekolah. Dengan menggunakannya, maka proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.

“Saya mau katakan, bahwa tidak bisa tidak kita harus akrab dengan teknologi untuk memudahkan banyak aspek sehingga proses belajar mengajar itu sesuai yang diharapkan,” jelasnya.

Karena itu, atas terselenggarannya kegiatan gebyar SMPN 4 Langke Rembong ini, dirinya  memberi apresiasi terhadap manajemen yang telah dibangun oleh kepala sekolah dan guru di SMPN 4 Langke Rembong.

“Saya memberi support terhadap kreasi dan inovasi ini, luar biasa! Karena kita bergerak dalam perubahan dan tidak bisa tidak kita mengikuti irama perubahan. Teknologi sebuah tuntutan perkembangan jaman. Namun demikian buku-buku ilmu pengetahuan tetap menjadi sumber belajar terbaik bagi para anak didik kita,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Resman W. Yan menuturkan bahwa penggunaan aplikasi untuk meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah tersebut telah dimulai sejak tahun 2018 silam. Mereka pun terus berinovasi untuk mencari cara terbaik dalam proses belajar menggunakan aplikasi tersebut. Dalam perjalanannya ternyata banyak pihak yang memberikan dukungan baik dari orang tua siswa maupun dari Pemkab Manggarai.

“Kami selalu mendapat dukungan besar dari pemerintah. Buktinya kami mendapat apresiasi dari Pemkab Manggarai bahwa sekolah ini telah melakukan inovasi dalam masa pandemi yang tetap melaksanakan pembelajaran dan berbasis digital,” jelasnya.

Gebyar akhir tahun ini dibuat untuk menjawab tuntutan teknologi yang sesuai kebutuhan masa depan di sekolah tersebut. Inovasi tersebut adalah  membuat sistem informasi manajemen terpadu dan berkelanjutan atau SIM. SIM merupakan suatu media penyimpanan berbasis google drive yang terkoneksi dengan website sekolah dan absensi online. SIM ini berisi semua administrasi dari 8 (delapan) standar pendidikan yang terdata dari tahun 2018 sampai sekarang dan akan berkelanjutan.

Selain itu adalah aplikasi TABE yang disingkat dengan Tekun Aktif Belajar berisi materi ajar, lembar kerja siswa dan video pembelajaran yang terkoneksi dengan Youtube sekolah.

Di samping itu ada aplikasi ABSEN ONLINE dan aplikasi e-POLI yang digunakan untuk  pemilihan ketua OSIS secara online sebagaimana yang sudah dibuat di sekolah tersebut. Aplikasi e-PPD digunakan untuk penerimaan peserta didik baru secara online dan pemanfaatan media online SMPN 4 Langke Rembong yang digunakan untuk membagi informasi sejumlah kegiatan guru dan siswa.

Pada akhir kegiatan, Wakil Bupati Manggarai juga menikmati sejumlah tarian yang dipentaskan oleh para siswa; salah satunya adalah tarian Rangkuk Alu. Selain itu peninjauan pameran hasil kerajian para siswa dan monitoring pelaksanaan ujian berbasis komputer menutup seluruh rangkaian kunjungan Wakil Bupati Manggarai di sekolah tersebut. (Tim Prokopim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.