Program PLN Peduli Salurkan Bantuan di SMPN 20 Satar Mese

Desa Lunggar – PT. PLN (Persero) melalui Program PLN Peduli menyalurkan bantuan berupa Penyambungan listrik dan Peralatan Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar SMPN 20 Desa Lungar Kecamatan Satar Mese yang berlokasi di Ring 1 Rencana Pembangunan PLTP Ulumbu 5 dan 6. Kegiatan penyaluran bantuan tersebut berlangsung di Aula SMPN Satar Mese, Sabtu (05/11).

Hadir dalam acara tersebut Tokoh Adat Lungar dan sekitarnya (Poco Leok), Kepala Desa Lungar, Eduardus Jehaman, Kepala Sekolah SMPN 20, Damianus Jehola, Ketua Komite Sekolah Vinsensius  Godat, Manajer Bagian Perijinan & Umum, Panca Budi Setiawan, Kepala Teknik Panas Bumi Area Geothermal Ulumbu, Hariyadi, dan Tim Larap PLTP Ulumbu.

Penyaluran bantuan tersebut disatukan dengan Acara Adak We’e Sekola (SMPN 20) Satar Mese yang baru dibangun. Rangkaian acara dimulai dengan adak tesi (permisi) oleh Tongka (juru bicara).

Tujuannya untuk meminta ijin dan permisi kepada roh leluhur yang mendiami atau menghuni wilayah sekitar SMPN 20 Satar Mese, sehingga selama kegiatan belajar-mengajar nantinya, tidak ada gangguan.

Kepala Sekolah SMPN 20 Sater Mese, Damianus Jehola, SE., usai melaksanakan acara Adak We’e menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PT. PLN (Persero) melalui Program PLN Peduli yang telah membantu Penyambungan Arus Listrik dan Peralatan Pendukung Kegiatan Belajar-Mengajar di SMPN 20.

“Selaku Kepala Sekolah, atas nama Siswa/siswi serta para orang tua, saya menyampaikan Terima kasih kepada pihak PT. PLN (Persero) yang telah membantu kami melalui Program PLN Peduli. Bantuan ini, tentu sangat bermanfaat untuk aktivitas Belajar-Mengajar di SMPN 20 Satar Mese. Saya yakin kegiatan belajar mengajar kedepannya berjalan dengan baik,” katanya.

Sedana dengan Jehola, Kepala Desa  Lungar Eduardus Jehoman menyampaikan tentang perasaan syukur dengan adanya ruang kelas baru di SMPN 20 Satar Mese. “Sebagai perwakilan pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai di  Desa, saya juga menyampaikan terima kasih atas bantuan PT. PLN dengan adaya ruang kelas baru ini,” ujar Kades Eduardus.

Kehadian ruang kelas ini tentu sangat membantu anak-anak sekolah di wilayah Poco Leok. “Saya mengajak masyarakat Satar Mese khususnya Poco Leok, tidak perlu jauh jauh mencari sekolah karena di Lungar telah ada SMPN 20 Satarmese. Sekali lagi terima kasih kepada PLN karena memperhatikan sekolah yang baru berdiri ini dengan bantuan CSR-nya dan berharap PLN, Ppemerintah Desa dan masyarakat Lungar selalu bekerjasama,” imbuhnya.

Sementara itu Manajer Bagian Perijinan & Umum, Panca Budi Setiawan menjelaskan PT. PLN selain untuk memiliki tugas  dalam melaksanakan pembangunan ketenagalistrikan, juga berkewajiban melaksanakan program tanggung jawab sosial / CSR yang merupakan sebuah aksi korporasi.

Aksi korporasi dari PLN sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk hadir di masyarakat luas sebagai implementasi peran pembangunan negeri, baik dari aspek sosial, budaya, maupun ekonomi. “Sudah merupakan tugas dan tanggung jawab PT. PLN dalam memperhatikan Desa di wilayah sekitar PLTP Ulumbu melalui program CSR” jelas Panca.

Selain itu Kepala Teknik Panas Bumi (KTPB) Area Geothermal Ulumbu Haryadi menjelaskan menyangkut pemakaian tenaga kerja di PLTP Ulumbu . Hariyadi mengungkapkan bahwa tenaga kerja di PLTP Ulumbu existing 97% adalah putra daerah. “kedepanya di PLTP Ulumbu 5 dan 6, putra daerah akan diprioritaskan. Dimana proses rekrutmennya akan diatur dengan baik dan sesuai kebutuhan,” terangnya.

Haryadi juga menyampaikan tentang bantuan CSR ini adalah bentuk atau tahapan awal dari program PLN Peduli kepada masyarakat dan berharap kedepannya PLN bersama masyarakat dapat bergandengan tangan dengan maju bersama mendukung kemajuan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *