Peneliti UGM Kaji Diseminasi Informasi Kabupaten Manggarai, Ini Harapan Bupati dan Wakil Bupati

Kunjungan Kerja293 Dilihat

Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana informasi itu terdistribusi dari pemerintah kepada masyarakat dalam berbagai sektor kepemerintahan.

Senin, 9 September 2019 kemarin, Tim Peneliti dari Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta beraudiensi dengan Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. bersama Wakil Bupati Manggarai, Drs. Viktor Madur di Aula Nuca Lale, Kantor Bupati Manggarai.

Tim ini hadir di Kabupaten Manggarai dalam rangkaian kegiatan “Kajian Diseminasi Informasi Melalui Perguruan Tinggi,” sebuah program kerja sama antara Universitas Gajah Mada dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Rangkaian kegiatan tim peneliti ini di Kabupaten Manggarai berlangsung sampai 15 September 2019 mendatang. Selain audensi dengan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, tim ini akan melakukan survey, Focus Group Discussion (FGD), observasi, dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait. Selanjutnya, hasil kajian akan disusun dalam bentuk rekomendasi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Dalam audiensi tersebut, Bupati Deno Kamelus menyampaikan harapan agar rekomendasi hasil penelitian dari tim ini dapat dipergunakan untuk mengevaluasi pola komunikasi dan diseminasi informasi yang sudah berjalan selama ini. “Saya berharap rekomendasi dalam penelitian ini tidak hanya komunikasi verbal tetapi juga komunikasi digital, mengingat era komunikasi dewasa ini,” ujar Bupati.

Wakil Bupati Victor Madur, pada kesempatan yang sama juga menitipkan harapan agar pola komunikasi yang akan direkomendasikan oleh tim peneliti dapat berjalan secara efektif, sehingga masyarakat Manggarai bisa paham progres pembangunan yang telah dikerjakan oleh pemerintah.

Sementara itu dalam paparannya, salah seorang tim peneliti, I Nyoman Aji Duranegara Payuse., SH. LL. M, menyampaikan bahwa penelitian ini bertujuan melihat bagaimana informasi itu terdistribusi dari pemerintah kepada masyarakat dalam berbagai sektor kepemerintahan. “Hasil temuan ini akan dibuat dalam model rekomendasi yang akan diserahkan kepada Kementerian Kominfo,” jelasnya.

Tim peneliti yang hadir pada pertemuan itu antara lain: I Nyoman Aji Durnegara Payuse., SH. LL.M., Nurul Trya W, SP., Eddy Junarsin, Ph.D., Herdiana Anggrasari, SP., dan Vaya Noorachmi Sampurno. (*)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *