oleh

Bupati Hery Nabit: Sistem Pelayanan Publik di Manggarai harus diperbaiki

-Berita, Umum-208 Dilihat

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, menegaskan sistem pelayanan publik akan menjadi perhatian pihaknya dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Manggarai. Sistem Pelayanan Publik di Kabupaten Manggarai harus diperbaiki.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hery Nabit, usai mengikuti rapat pembentukan Mall Pelayanan Publik (MPP) dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, Senin (14/03).

“Dorongan yang disampaikan Wapres Ma’ruf Amin dalam rapat hari ini sangat baik. Dorongan tersebut akan menjadi bekal untuk mengevaluasi system pelayanan public terutama pada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) target nasional yakni Rumah Sakit, Dinas Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu (DMPTSP) dan Dinas Kependudukan dan Pencatanan Sipil (Dukcapil),” katanya.

“Banyak arahan yang disampaikan Pak Wapres dalam rapat Pembentukan MPP dan Pemberdayaan UMKM, hari ini. Dan saya menilai semuanya sangat baik. Arahan-arahan itu akan menjadi perhatian Pemkab Manggarai melalui OPD terkait. Dan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin, akan saya sampaikan,” tegasnya.

Dalam rapat jelas Bupati Hery Nabit, Wapres Ma’ruf Amin menekankan pentingnya meningkatkan system pelayanan Publik. Sebab pelayaan public merupakan urat nadi kebutuhan masyarakat. Pelayanan Publik yang baik adalah bukti kehadiran pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Banyak arahan yang disampaikan Pak Wapres dalam rapat Pembentukan MPP dan Pemberdayaan UMKM, hari ini. Dan saya menilai semuanya sangat baik. Arahan-arahan itu akan menjadi perhatian Pemkab Manggarai melalui OPD terkait. Dan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin, akan saya sampaikan,” tegasnya.

Bupati Hery Nabit mengakui system pelayanan public di Kabupaten Manggarai belum maksimal, banyak aspek yang perlu dibenahi. Langkah awal jelasnya dengan melakukan evaluasi pada tiga OPD target Nasional. Dan evaluasi ini sudah dimulai.

“Akhir bulan Februari lalu, kita sudah melakukan evaluasi pelayanan public di BLUD RSUD dr. Ben Mboi menyusul DMPTSP dan Dukcapil. Arahan Wapres dalam rapat Pembentukan MPP di NTT akan menjadi tambahan materi evaluasi. Sehingga kita tentu berharap evaluasi ini akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Manggarai,” paparnya. 

Apakah Pemkab Manggarai akan membangun MPP? Menurut Bupati Hery Nabit akan dibahas lebih lanjut. Dirinya segera menugaskan Kepala Dinas PMPTSP Manggarai dan Kabag Organisasi untuk melakukan kajian. Hasil kajian akan dijadikan dasar untuk menentukan langkah selanjutnya. “Yang pasti setelah ini, Pak Robert (Kadis PMPTSP; red) dan Pak Deny (Kabag Organisasi; red) segera membuat kajian untuk penentuan langkah selanjutnya,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo-Manggarai Barat selama 2 (dua) hari yakni 14-15 Maret. Kunjungan kerja ini dalam rangka membuka kegiatan The 2nd Asia International Water Week (AIWW), dan Rapat Pembentukan MPP di Povinsi Nusa Tenggara Timur.

Wapres datang ke Labuan Bajo bersama sejumlah Menteri antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wamen PUPR John Wempi Wetipo, dan Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika. Dan besok (15/03) masih ada sejumlah kegiatan yang akan dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, termasuk mengunjungi pulau-pulau yang ada dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). (Prokopim Manggarai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.