Bupati Hery Nabit: Koperasi Sehat, Masyarakat Sejahtera

Ruteng – Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, SE., MA., mengatakan Koperasi yang sehat tentu akan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat terutama kepada para anggota. Karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai tentu akan memberikan apresiasi kepada semua koperasi yang dikelola secara baik dan professional apalagi mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Hery Nabit saat membuka secara resmi Rapat Akhir Tahun (RAT) XXIII Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Mawar Moe di Aula Asumpta Katedral Ruteng, Sabtu (26/02). “Saya yakin jika Koperasi sehat, masyarakat terutama anggotanya pasti sejahtera,” katanya singkat.

Selanjutnya Bupati Hery Nabit mengomentari usia KSP Kopdit Maria Moe yang sudah bersusia 23 tahun. “Usia KSP Kopdit Mawar Moe, dalam kategori manusia sudah dewasa karena berusia 23 tahun. Dan hal ini patut disyukuri, karena dalam kedewasaan itu sudah banyak orang yang terlayani,” katanya.

“Saya tahu ada banyak hal yang sudah dilakukan oleh koperasi manapun di Manggarai ini. Kami bersyukur karena beberapa tahun belakangan, koperasi di Manggarai terus bergerak untuk usaha-usaha produktif dan membiayai modal usaha untuk para anggota” katanya.

“Bahwa ada sebagian yang berhenti di tengah jalan, patah tumbuh hilang berganti, ada yang pergi ada yang datang. Kita percaya bahwa dari perjalanan koperasi ini, yang datang dengan niat baik, yang pergipun akan mendoakan kita semua” ujarnya.

Sebab itu, Bupati Hery menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pengurus, pengawas, managemen KSP Mawar Moe, yang sudah membantu ribuan masyarakat Manggarai dalam menghadapi kesulitan.

“Saya tahu ada banyak hal yang sudah dilakukan oleh koperasi manapun di Manggarai ini. Kami bersyukur karena beberapa tahun belakangan, koperasi di Manggarai terus bergerak untuk usaha-usaha produktif dan membiayai modal usaha untuk para anggota” katanya.

Bupati Hery Nabit juga berpesan untuk bijak mengelola keuangan, ditengah kebutuhan kita sangat banyak. Di koperasi seperti ini kita bisa bicarakan semuanya dengan baik. “Harapan kami (Pemkab; red) koperasi Mawar Moe akan tetap menjadi koperasi yang sehat di sepanjangan tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua KSP Kopdit Mawar Moe, Yos Sudarso menjelaskan, kegiatan RAT merupakan kebutuhan anggota dalam sebuah organisasi koperasi, yang diperkuat dengan UU Koperasi Nomor 25 tahun 1992. Moment RAT merupakan kesempatan bagi pengurus dan pengawas, menyampaikan hasil kerja selama tahun buku sekaligus menyampaikan rencana kerja satu tahun berikutnya kepada anggita sebagai pemilik koperasi.

Dijelaskan Sudarso, Kopdit Mawar Moe mengalami perubahan signifikan pada tahun 2021, yakni anggota sebanyak 5.012 orang dibanding tahun 2020 hanya 4.217 orang. Anggota tersebut menyebar di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur dengan total kekayaan aset bersama menjadi 25,7 miliar. Meski total aset mencapai 25,7 M Sudarso tetap meminta dukungan pemerintah dalam perjalanan koperasi KSP Kopdit Mawar Moe ke depannya.

Seperti KSP Kopdit Spirit Soverdia yang sehat, hasil penilaian kesehatan KSP Kopdit Mawar Moe oleh Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi NTT untuk tahun buku 2021 juga dengan predikat sehat dengan skor 81,75.

RAT KSP Kopdit Mawar Moe yang dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan yang ketat ini mengambil tema “Bersama Menuju Kemandirian bersama Anggota”. RAT juga diwarnai dengan puluhan Undian berhadiah, dengan hadiah utama Sepeda Gunung. (Tim Prokopim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *