Bupati Hery Nabit: Kehadiran KSP Bantu Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

RUTENG – Bupati Manggarai-Nusa Tenggara Timur (NTT), Herybertus G. L. Nabit, SE., MA., menjelaskan keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di wilayah Kabupaten Manggarai sangat penting. KSP karena selalu ada untuk masyarakat. Keberadaan KSP semakin nyata  apalagi di tengah kondisi sulit dampak pandemi Covid-19.

“Kehadiran KSP bisa membantu masyarakat terutama di masa pandemic Covid-19 yang belum ada tanda-tanda berakhir. Hal ini menjelaskan bahwa pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Mari kita bergandengan tangan, mengurus masyarakat Manggarai dengan cara masing-masing,” demikian Bupati Hery Nabit, saat memberi sambutan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun Dinas 2021, KSP Kopdit Spirit Soverdia, di Aula SMAK Setia Bakti-Ruteng, Jumat (25/05).  

Selanjutnya Bupati Hery Nabit menyampaikan terima kasih kepada kongregasi Societas Verbi Divini (SVD)  Ruteng atau populer dengan sebutan Soverdi, yang selalu hadir untuk warga Manggarai. SVD Ruteng mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam upaya   merubah cara pandang  warga Manggarai.

“Sebagai Bupati dan atas nama pribadi  saya sampaikan terima kasih kepada SVD Ruteng, yang selalu ada untuk warga Manggarai mendorong dan memberikan motivasi yang baik. Dan sebagaimana kita ketahui saat ini upaya SVD Ruteng itu melalui Koperasi.  Sehingga dengan kehadiran SVD Ruteng koperasi ini bisa menjadi koperasi yang sehat,” ujarnya.

Bupati Hery Nabit berharap agar KSP Kopdit Spirit Soverdia akan menjadi lebih baik lagi ke depannya, yang bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Manggarai. “Saya harap, ke depan KSP Spirit Soverdia akan menjadi lebih baik. Karena itu sarannya, KSP Spirit Soverdia tetap mengedepankan prinsip kekeluargaan dan persaudaraan, dan pastikan semua anggota juga harus mempunyai rasa memiliki terhadap koperasi itu,” harapnya.

Sementara, Ketua Pengurus KSP Kopdit Spirit Soverdia, Pater Simon Suban Tukan, SVD., mengatakan bahwa raihan prestasi sebagai Koperasi Sehat merupakan hasil perjuangan dan kerja keras semua pengurus, manajemen, dan pengawas, di tengah krisis akibat Covid-19.

“Sebagai Bupati dan atas nama pribadi  saya sampaikan terima kasih kepada SVD Ruteng, yang selalu ada untuk warga Manggarai mendorong dan memberikan motivasi yang baik. Dan sebagaimana kita ketahui saat ini upaya SVD Ruteng itu melalui Koperasi.  Sehingga dengan kehadiran SVD Ruteng koperasi ini bisa menjadi koperasi yang sehat,”

“Ini murni kerja keras semua pengurus, manajemen dan pengawas. Itu dibuktikan dengan naiknya pendapatan KSP Kopdit Spirit Soverdia, baik aset maupun anggota,” paparnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kabupaten Manggarai, Frederikus Inasio Jenarut menyerahkan sertifikat untuk KSP Spirit Soverdia sebagai koperasi yang sehat. Ada sejumlah aspek yang dinilai terkait kesehatan koperasi, diantaranya;  aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, aspek manajemen, aspek efisiensi, aspek likuiditas, aspek kemandirian dan pertumbuhan, dan aspek jatidiri koperasi.

Dalam agenda, ditengah cuaca buruk yang melanda kota Ruteng dan sekitarnya hari ini (Sabtu, 26 Februari 2022) Bupati Hery Nabit juga akan menghadiri RAT KSP Kopdit Mawar Moe, di Aula Asumta Paroki Katedral Ruteng. (Tim Prokopim Manggarai).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *