oleh

Klaster Sekolah dan Perkantoran Picu Kasus Covid-19 di Manggarai Meningkat Drastis

-Berita, Umum-101 Dilihat

Ruteng – Penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur mulai merambah di sektor Sekolah dan perkantoran. Akibatnya kasus Covid-19 di Manggarai meningkat drastic terutama selama bulan Februari.

Klaster perkantoran ini berawal dari Kantor KPPN Ruteng yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 19 orang pegawai  pada tanggal 07 Februari lalu menyusul Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Kepegawaian, Pendidikan, Pelatihan  dan Sumber Daya Manusia (BKPPSDM), Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, BRI Cabang Ruteng, Dinas Kesehatan, Puskesmas Kota, dan Puskesmas La’o.

Sedangkan Kluster Sekolah berawal dari 32 orang murid SMA dan SMP Nanu Kecamatan Rahong Utara. yang isolasi di Wiswa Atlet Stadion Golo Dukal menyusul SMPN 3 Langke Rembong, SDI Watu Alo, SD Poco, SDN Wetok, SMPN 1 Ruteng-Cancar, SMP Imakulata Ruteng, SMP St. Fransiskus, SMA Setia Bakti, SMAN 1 dan 2 Ruteng, SDI Karot, SDK Ruteng 1, SDK Ruteng 5, SMA Karya, MTS, MIS Amanah Ruteng, SMPN 1 Wae Ri’I, SDI Kenda, SMAN 6 Ruteng, SMAN 1 Rahong Utara, SMPN Satap Rangkang Kalo, SDK Nanu, SMP Watu Benta, SDI Ntala dan SDI Rangkang Kalo.

Dalam rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Kamis (24/02), Asisten Pemerintahan dan Kesra, Frumensius L.T. Kurniawan, SE. menyampaikan kasus Covid-19 di wilayah Manggarai beberapa hari ini naik drastis. Kenaikan itu disebabkan adanya klaster perkantoran dan sekolah.

“Karena itu Gugus PenangananCovid-19 Manggarai perlu mengambil langkah-langkah strategis agar tidak menyebar. Kita (Gugus Tugas; red) segera merumuskan instruksi Bupati Manggarai untuk pembatasan aktivitas masyarakat,” demikian Asisten I.  

Menurut Frumensius Kurniawan, pasien terkonfirmasi positif COvid-19 di Manggarai setiap hari selalu bertambah dan sampai pada tahap mengkhawatirkan. Sehingga upaya-upaya pencegahan harus segera dilakukan. “Sesuai data dari Dinas Kesehatan Manggarai dan laporan Direktur BLUD RSUD dr. Ben Mboi, dalam dalam satu hari ini ada 6-11 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

“Hari ini saja kita ada tambahan 11 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah Sampel diperiksa sebanyak 271, kasus Baru : 62 Kasus (RDT 62 dan PCR 0) dengan rincian; Kontak erat 45, Suspek 11, Skrining 6. Selesai Isolasi 19 Kasus ( Isolasi Mandiri ). Pasien isolasi di Wisma Atlet, yang  Masuk hari ini 11 pasien. Sehingga  Total Pasien saat ini 117 pasien,” jelas mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai ini.

Sementara Terkait jumlah ASN yang terpapar, menurut Frumensius saat ini masih dilakukan pendataan. “Kalau jumlah persis berada orang saya masih rekap. Intinya kita sudah ada klaster perkantoran,” tegasnya. (Tim Prokopim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.