Imbauan Bupati Hery Nabit Terkait Gempa di Manggarai

Pengumuman1182 Dilihat

Ruteng – Wilayah Kabupaten Manggarai baru saja diguncang gempa sejak pukul 20.35 Wita, Senin 21 Februari 2022 hingga pukul 01.30 Wita, Selasa 22 Februari 2022 terhitung sudah terjadi Belasan kali gempa. Lokasi titik gempa terletak di Timur Laut Ruteng, Kabupaten Manggarai. Di wilayah Laut Flores.


Untuk itu Pemerintah kabupaten Manggarai mengimbau beberapa hal berikut:

Pertama, Untuk masyarakat di wilayah pesisir agar tetap waspada sepanjang malam ini, namun jangan panik.

Pemkab Manggarai sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak. Aparat Kecamatan dan Desa/Kelurahan bersama TNI Polri sudah siaga di Posko masing-masing kecamatan.

Sekolah-sekolah yang terletak di wilayah yg lebih di tinggi di Kec. Reok juga sementara dihubungi untuk disiapkan menjadi tempat pengungsian apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Puskesmas Reo juga sudah disiapkan.

Kedua, untuk masyarakat di wilayah pegunungan agar tetap waspada sepanjang malam ini, tetapi tetap jangan panik.

Khusus Masyarakat yang berada pada daerah-daerah rawan longsor agar segera menghindari daerah tersebut.

Pemkab Manggarai sudah memerintahkan aparat Kecamatan /Desa/Kelurahan untuk bersiaga.

Pihak RSUD Ben Mboi Ruteng dan Puskesmas juga sudah bersiapa siaga. Para keluarga pasien juga sudah diminta untuk tidak panik dan tetap waspada.

Kantor-kantor pemerintah juga sedang disiapkan untuk dijadikan tempat pengungsian apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ketiga, Pemerintah Kabupaten Manggarai bersama BMKG terus memantau setiap perkembangan gempa. Koordinasi dengan Pemerintah Pusat (BNPB) terus dijalankan.

Keempat, Saya minta masyarakat Manggarai agar mengakses informasi dari sumber-sumber resmi Pemerintah terutama dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi dan website www.bmkg.go.id.

Kelima, bagi seluruh masyarakat yang terdampak gempa, apabila membutuhkan bantuan atau informasi, bisa segera menghubungi Posko Pemerintah Kabupaten Manggarai,
Telepon= 081283057950 ( Kepala BPBD Kabupaten Manggarai)
085239237390 ( Kabid Kesiapsiagaan)

Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *