oleh

Bupati Hery Minta Keterlibatan BUMD dan BUMN Dalam Pembangunan Daerah

Ruteng – Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A membuka rapat Pemkab Manggarai dengan Pimpinan BUMN dan BUMD di wilayah Kabupaten Manggarai dalam rangka optimalisasi corporate social responsibility (CSR). Rapat itu digelar di Aula Nuca Lale, Kantor Bupati Manggarai, Selasa (15/02).

Dalam arahannya, Bupati Hery menyampaikan bahwa pembiayaan pembangunan tidak bisa hanya mengharapkan APBD atau PAD saja. Dari dulu hingga sekarang ketergantungan Pemkab Manggarai terhadap pembiayaan pemerintah pusat masih cukup tinggi, baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokask Khusus (DAK) maupun Dana Bagi Hasil (DBH).

Sebab itu, Bupati Hery berharap agar masyarakat juga harus berperan serta khusunya untuk meningkatkan PAD juga peran lembaga swasta baik BUMN maupun BUMD sangat diharapkan, apalagi saat kondisi keuangan yang kurang dampak pandemic Covid-19.

“Pertemuan hari ini lebih pada menggugah keterlibatan kita semua, kami menyadari Bapak pimpinan BUMD dan BUMN merupakan perwakilan dari kantor pusat masing-masing. Keputusan pasti ada di pusat, tapi tidak ada salahnya kita kumpul seperti ini untuk membangun koordinasi kita, berharap pertemuan hari ini memberi dampak untuk pembangunan” katanya.

Selain itu, Bupati Hery berharap agar lembaga BUMD dan BUMN bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah baik melalui CSR maupun kontribusi jenis lainnya. Juga diingatkan pentingnya koordinasi dengan Pemkab Manggarai setiap kegiatan yang dilakukan.

“Kita perharap jangan sampai ada lembaga BUMN atau BUMD tidak berbuat apa-apa dalam satu tahun, tidak ada CSR. Memang CSR itu tidak harus melalui APBD , bisa juga langsung ke masyarakat. Tapi saya minta untuk kegiatan CSR yang langsung ke masyarakat tolong juga disampaikan informasinya kepada kami, supaya jangan ada tumpang tindih” ujarnya.

“Karena hari ini banyak orang baik yang datang membantu, supaya kalau kami diminta untuk tunjukan lokasi tidak lagi ke lokasi yang sudah dibantu oleh lembaga lain. Apalagi kalau jenis bantuannya sama” tutup Bupati Hery.

Turut hadir dalam rapat itu, Bagian Perencanaan Keuangan Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Didi Untung Wijayadi; Asisten Pemerintahan dan Kesra, Frumensius Linus Tojo Kurniawan, SE; Pimpinan OPD, Pimpinan BUMD dan BUMN serta undangan lainnya. (Tim Prokopim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.