oleh

๐— ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฃ๐˜‚๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐—ธ ๐—•๐—•๐—œ, ๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ธ๐—ผ๐—บ๐—ถ๐—ป๐—ณ๐—ผ ๐——๐—ผ๐—ฟ๐—ผ๐—ป๐—ด ๐—”๐—ฟ๐˜๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐—™๐—น๐—ผ๐—ฏ๐—ฎ๐—บ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ ๐— ๐—ฎ๐—ป๐—ณ๐—ฎ๐—ฎ๐˜๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ง๐—ฒ๐—ธ๐—ป๐—ผ๐—น๐—ผ๐—ด๐—ถ ๐——๐—ถ๐—ด๐—ถ๐˜๐—ฎ๐—น

-Umum-405 Dilihat

Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A. menghadiri Puncak Acara โ€œKilau Digital Permata Flobamoraโ€ yang berlangsung Jumat, 18 Juni 2021, bertempat di Puncak Waringin, Labuan Bajo.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate yang turut hadir dalam acara tersebut, dalam sambutannya menjelaskan, acara Kilau Digital Permata Flobamora digelar sebagai bagian dari tema besar kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, dengan fokus untuk memajukan dan mempromosikan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khas NTT melalui media digital.

โ€œDengan menggunakan ruang digital, disinyalir potensi dagang daring yang dilakukan dapat menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Mengingat daya jangkau yang menembus batas wilayah daerah bahkan bisa mencapai negara lain,โ€ tuturnya

.Menkominfo menyatakan, peringatan Puncak Acara Kilau Digital Permata Flobamora bertujuan untuk mengajak masyarakat membeli dan bangga memakai produk karya anak bangsa.

โ€œSaya mendorong artisan lokal dan pelaku UMKM untuk melakukan penjualan digital agar produk-produk lokal bisa menjangkau pasar yang tidak terbatas. Kami akan dorong UMKM ultramikro dan artisan Flobamora untuk on boarding digital,” ujarnya.

Pemerintah pusat, tutur Menteri Johnny, juga mengajak pemerintah daerah setempat dan masyarakat agar mengambil bagian dari transformasi digital tersebut. Ia menyebutkan pada 2024 Pemerintah pusat juga menargetkan jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat pesat hingga 30 juta pelaku.

“Target kami adalah hasil karya artisan, kehebatan-kehebatan local wisdom itu harus bisa ditampilkan di dalam ruang digital melalui marketplace untuk menjangkau pasar yang tidak terbatas, tidak saja pasar domestik tapi juga cross boarder atau lintas negara,” tuturnya.

Secara khusus, Kominfo mendapat tugas sebagai penyelenggara utama kampanye Gernas BBI 2021 di Flobamora. Flobamora merupakan singkatan dari Flores, Sumba, Timor, dan Alor serta pulau-pulau lainnya di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Oleh karena itu, guna menyukseskan acara ini Kominfo menggandeng ekosistem untuk ikut ambil bagian terlibat dalam kolaborasi besar tersebut.

๐๐ž๐ซ๐š๐ ๐š๐ฆ ๐Š๐ž๐ ๐ข๐š๐ญ๐š๐ง

Dalam puncak acara, Wakil Presiden Ma’aruf Amin juga ikut setra sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno; Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki; turut ikut melalui media video conference.

Menurut Maโ€™aruf Amin, Gernas BBI juga diarahkan untuk mentransformasi ekonomi digital, sehingga penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal paling mendasar dan mutlak untuk dipenuhi. Pembangunan infrastruktur digital ini menjadi tugas Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo melalui proyek strategis nasional dengan pembangunan jaringan backbone fiber optic Palapa Ring dan proyek satelit multifungsi pemerintah.

Acara juga diisi dengan dialog offline antara Menkominfo dan Menteri Desa PDTT dengan Kepala Desa Detusoko Barat. Setelah itu, dilanjutkan dengan video conference Gubernur BI bersama empat perwakilan BI dari Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan NTT.

Dalam puncak acara, dilakukan peluncuran aplikasi JPHub Pariwisata, aplikasi pemanfaatan toko online Bumdes untuk mengenalkan UMKM Lokal NTT, serta virtual expo sehingga masyarakat bisa melakukan experimen dengan bertransaksi langsung, bazar offline dan online, serta adapula prenyerahan 16 infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) secara simbolis kepada 16 Bupati di NTT.

Puncak Acara Kilau Digital Permata Flobamora berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bagi peserta dan pembicara yang hadir, diwajibkan untuk menunjukkan Digital Invitation (DI) beserta surat swab antigen negatif yang berlaku 1×24 jam. Di lokasi acara, pada saat registrasi, tamu undangan akan diberikan PIN khusus (warna emas untuk VVIP, perak untuk VIP, warna tembaga untuk non-VIP).

Untuk keseluruhan acara, dapat disaksikan secara virtual (hybrid system) yang disiarkan secara live melalui aplikasi Zoom Meeting, Youtube Kemkominfo TV, platform e-Commerce, dan beberapa stasiun TV.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.