Wabup Victor Bicara Soal Peran Perempuan dalam Pembangunan Daerah; Saatnya ‘Unjuk Gigi’

Kunjungan Kerja299 Dilihat

Wakil Bupati Viktor, mengajak kaum perempuan untuk melawan narasi itu, berani ‘unjuk gigi’, bersaing dan mengambil peran dalam pembangunan.

“Perempuan tidak lagi dipandang secara sederhana sebagai ‘pengurus rumah tangga’, tetapi juga diperhitungkan dalam derap laju pembangunan, sebagai salah satu jawaban atas tantangan kemajuan zaman,” kata Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur dalam acara pembukaan Seminar Kesehatan Darma Wanita Persatuan (DWP), Kabupaten Manggarai, di Aula Darmawanita, Jl. Wae Ces, No. 1, Ruteng pada hari Selasa (5/11).

Wakil Bupati juga menambahkan, bahwa di era perjuangan kemerdekaan, banyak kaum perempuan yang menjadi tumpuan bagi pembangunan Indonesia. Pahlawan pada masa kolonialisme dan imperialisme, tidak hanya lahir dari kaum laki-laki saja, tambahnya. Pada era ini, kaum perempuan juga menjadi lokomotif pembangunan, ia mengambil contoh, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Pimpinan DPR Puan Maharani, dan masih banyak lagi, tuturnya.

Menurutnya, di Manggarai terdapat dua hal besar yang perlu menjadi perhatian bersama, khususnya bagi kaum perempuan. Hal pertama, adalah pandangan akan lingkup kerja perempuan sebatas dunia domestik. Yang kedua, adanya perasaan inferior kaum perempuan, terhadap kaum laki-laki.

“Sejauh ini, ada paling tidak dua hal yang rasanya penting untuk dicarikan langkah penyelesaiannya. Pertama, harus diakui bahwa lingkungan kita masih beranggapan bahwa dunia perempuan adalah dunia domestik; mengurus rumah tangga atau dapur saja. Akibatnya, tidak cukup banyak ruang publik yang dapat diakses oleh perempuan untuk membuktikan eksistensi-nya. Kedua, masih cukup banyak perempuan yang merasa bahwa dirinya adalah sub-ordinasi laki-laki, atau kelompok kelas kedua dalam mengambil keputusan.”

“Hal ini membuat sebagian perempuan enggan bersaing dalam dunia kerja, malas berpikir, dan hanya bersikap pasrah. Akibat lanjutannya adalah, perempuan akhirnya tidak berniat meningkatkan kapasitas dirinya melalui belajar, dan oleh karenanya, menjadi tertinggal dalam cukup banyak hal,” tutur Wakil Bupati Victor.

Melanjutkan, Wakil Bupati Viktor, mengajak kaum perempuan untuk melawan narasi itu, berani ‘unjuk gigi’, bersaing dan mengambil peran dalam pembangunan.

Dalam kaitannya dengan kegiatan hari itu, ia berharap, prosesnya dapat memperkaya diri seluruh anggota, yang adalah kaum perempuan. Terlebih agenda seminar itu bertemakan kesehatan, dan merupakan salah satu wujud dukungan nyata organisasi DWP dalam memenuhi misi kedua Pemkab Manggarai, Memajukan Derajat Kesehatan Masyarakat yang Berkualitas dan Merata.

Dalam kesempatan lain, hari itu, Ketua DWP Kabupaten Manggarai Ibu Melly Weng menuturkan, bahwa kegiatan seminar kesehatan ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan lain, Katanya, tujuan kegiatan ini, selain meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan, juga sebagai media promosi gaya hidup sehat melalui beberapa kegiatan olahraga.

Dalam laporannya ia juga menambahkan, dalam rangkaian kegiatan ini, akan ada kegiatan yang mengasah kreativitas, dalam bentuk lomba mendaur ulang barang bekas, yang juga bisa menjadi inspirasi untuk anggotanya, dalam memajukan memanfaatkan barang bekas untuk tujuan ekonomi organisasi atau keluarga, pungkasnya.

Agenda rangkaian kegiatan DWP Manggarai sendiri, antara lain: Seminar kesehatan, kompetisi olahraga, lomba kreativitas, kunjungan sekolah binaan dan panti asuhan, gerak jalan sehat, dan pemberiaan beasiswa bagi anak Sekolah Menengah Pertama. Acara seminar kesehatan, siang itu, dihadiri oleh 70 orang peserta yang terdiri dari ibu-ibu DWP, utusan Kantor, Badan dan Dinas di Kabupaten Manggarai. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *